Total Tayangan Halaman

Sabtu, 25 Januari 2014

Penting nih buat calon staners

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN)







        STAN sekarang merupakan perkembangan dari STAN Prodip Keuangan yang sebelumnya terpisah. STAN merupakan integrasi dari Jurusan Akuntansi dan Program Diploma Keuangan. Program pendidikan yang diselenggarakan di kampus Jurangmangu saat ini yaitu:

a. D III Spesialisasi Akuntansi Pemerintah
b. D III Spesialisasi Kebendaharaan Negara
c.  D III Spesialisasi Bea dan Cukai
d. D III Spesialisasi Perpajakan
e. D III Spesialisasi Pajak Bumi dan Bangunan/Penilai
f.   D III Spesialisasi Pengurusan Piutang Dan Lelang Negara (PPLN)

Perubahan-perubahan di atas menunjukkan adanya dinamika dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi di Departemen Keuangan, seiring dengan kebutuhan sumber daya yang terampil di Departemen Keuangan.
Tentunya kita semua berharap agar semua perubahan itu ditujukan untuk semakin meningkatkan kualitas SDM di Departemen Keuangan seiring meningkatnya tuntutan tugas perkembangan permasalahan yang semakin kompleks.
Tentunya kita semua berharap agar perubahan itu semakin meningkatkan kualitas SDM di depkeu seiring meningkatnya tuntutan tugas permasalahan keuangan di Indonesia yang kompleks. Karena STAN sebuah sekolah kedinasan dibawah Departemen Keuangan awalnya STAN menerapkan ikatan dinas dalam arti ketika masih dalam pendidikan mahasiswa telah mendapatkan status PNS. Status PNS ini didapatkan mahasiswa ketika naik ke tingkat II sehingga mereka masih kuliah pun sudah mendapatkan gaji layaknya pegawai negeri lain yang sudah bekerja.
WALAUPUN FORMAT IKATAN ITU SUDAH DIUBAH SEJAK 1997, TAPI JANGAN KHAWATIR!!! SEMUA MAHASISWA STAN SETELAH LULUS AKAN DIANGKAT SEBAGAI PNS DI LINGKUNGAN DEPKEU.
Akan tetapi mulai tahun 1997, format ikatan dinas tersebut diubah. Semua mahasiswa STAN tetap diangkat sebagai PNS di lingkungan Departemen Keuangan tetapi tidak pada waktu naik ke tingkat II melainkan pada saat mereka lulus. Konsekuensinya selama masa kuliah mahasiswa tidak mendapatkan gaji layaknya sekolah kedinasan lainnya seperti STPDN, AKABRI, AKIP dan lain sebagainya.
HAL YANG PALING PENTING TEMEN” KETAHUI!!! STAN tidak memungut biaya pendidikan sepeserpun dari mahasiswanya dalam kata lain kuliah di STAN GRATIS ABEEEEEEZZZ!!!. Semua fasilitas pendidikan tersedia di STAN. Salah satunya kita tidak perlu membeli buku diktat karena STAN meminjamkan semua buku diktat yang diperlukan.
Setiap tahunnya STAN juga membagikan buku tulis sehingga lagi-lagi kita tidak perlu mengeluarkan uang. Di lain pihak, meroketnya biaya pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) semakin memperkokoh eksistensi STAN sebagai kampus rakyat. Jika dulunya yang berminat belajar di STAN kebanyakan dilatar-belakangi masalah ekonomi, kini tidak lagi demikian. Hal ini terbukti dari jumlah pendaftar yang mengadu nasib di Ujian Saringan Masuk (USM) STAN 2005 telah mencapai 82.000 orang padahal lembaga telah membatasi syarat minimal nilai rata-rata Surat Tanda Lulus (STL) sebesar 7,00. MENAKJUBKAN BUKAN??!! SELAIN GRATIS ALASAN LAIN MENGAPA KITA HARUS KULIAH DI STAN???? KARENA SETELAH KITA LULUS DARI STAN KITA TELAH DIJAMIN LANGSUNG KERJA.WOY...DAHSYAT KAN!!!JADI TEMEN” SEMUA GA PERLU PUSING” MENCARI PEKERJAAN SETELAH LULUS NANTINYA. Karena lulusan STAN telah dijamin langsung mendapatkan pekerjaan sebagai PNS di Departemen Keuangan, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), atau di Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).
Sudah menjadi fenomena sosial di negara-negara berkembang bahwa semakin tinggi jenjang pendidikan yang ditempuh semakin besar pula kemungkinan menjadi pengangguran. Selain beban ekonomi, beban sosial yang ditanggung sarjana yang menganggur juga tak kalah beratnya.
Ditengah sulitnya mencari pekerjaan bagi sarjana yang baru lulus kuliah tersebut, STAN bisa menjadi alternatif problem solver yang menjanjikan untuk dipilih. PNS Departemen Keuangan juga memiliki kelebihan dibandingkan PNS di Departemen atau instansi lainnya MENGAPA?? mereka mendapatkan tunjangan khusus yang disebut Tunjangan Khusus Pengelola Keuangan Negara (TKPKN) yang jumlahnya lebih besar dari gaji pokok yang diterima. Selain itu kesempatan menempuh pendidikan di Departemen Keuangan, BPK dan BPKP sangat terbuka lebar.
Banyak sekali bea siswa yang ditawarkan untuk menempuh pendidikan S2 atau S3 baik di dalam maupun di luar negeri.BUAT TEMEN” yang mempunyai cita-cita untuk menjadi seorang Doktor Ekonomi,STAN MERUPAKAN PILIHAN YANG TEPAT MENJADI prioritas pertama Perguruan Tinggi yang AKAN DIPILIH setelah lulus SMA/SMK. Jenjang karier lulusan STAN juga sangat menjanjikan.
Biasanya lulusan STAN lebih menonjol di tempat kerja dibandingkan pegawai lainnya dan menjadi andalan untuk mengerjakan pekerjaan teknis. Tidaklah mengherankan jika lulusan STAN sekarang banyak menempati jabatan penting di Departemen Keuangan.
Lulusan STAN juga telah banyak bekerja di sektor swasta dan telah banyak yang menduduki posisi strategis baik di BUMN, perusahaan asing maupun perusahaan nasional. Buat temen”yang tidak tertarik menjadi PNS bisa mengikuti jejak mereka keluar dari Departemen Keuangan.
Beberapa contoh alumni STAN yang sukses berkarier di luar jalur pemerintahan yaitu Sudirman Said (mantan ketua Ikatan Akuntan Indonesia, sekarang sebagai Rektor Universitas Paramadina dan Deputi di Badan Rekonsiliasi dan Rekonstruksi Aceh), Helmy Yahya (seorang yang kaya ide, lulusan terbaik waktu D III STAN dan juga lulusan terbaik D IV STAN, raja kuis yang sekarang dikenal dengan raja reality show), Edwin Manangsang (artis, personel grup musik Trio Libels), dan masih banyak lagi.

0 komentar:

Posting Komentar